Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia berkulit serupa, agama yang satu, tidak ada negara dan perbedaan. Perbedaan memang dikehendaki sang pemilik semesta. Perbedaan adalah hakekat penciptaan itu sendiri. Perbedaan itu indah!

Slider

BID

Perbedaan 1 Syawal?

Ada kemungkinan, 1 Syawal pada tahun ini akan mempunyai perbedaan dari beberapa versi pengamatan. Hal tersebut diutarakan oleh peneliti senior Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Temuan tersebut berdasarkan telaah ilmiah yang juga dilakukan oleh lembaga yang berkompeten dalam bidangnya.
Jika hal tersebut terjadi, maka sebenarnya ini bukan pertama kali kejadian tersebut di Indonesia. Bahkan mungkin sudah beberapa kali. Memang hal tersebut akan menjadi perdebatan yang panjang, jika mau diperdebatkan, tapi sebenarnya juga bukan merupakan hal yang penting untuk diperdebatkan.
Kita sebagai orang awam tentu akan kesulitan untuk menentukan mana yang benar. Para pakar saja, yang sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang cukup sering memberikan hasil yang berbeda. Akan tetapi, sebenarnya ketidaktahuan kita juga layak untuk disyukuri. Bayangkan jika kita yang diberikan mandat untuk menentukan 1 Syawal... hmph...itu malah beban yang berat sekali. Akan ada banyak jutaan orang yang mengikuti hasil pengamatan kita...iya kalau kita benar... yup?

Maka untunglah kita sebagai orang awam tidak diberikan mandat dan juga memang tidak mempunyai kapabilitas dan kredibiltas untuk itu :)

Kita tinggal memilih untuk mengikutinya. Tidak selayaknya kita memperdebatkan hal itu. Perbedaan itu menang indah..... Jika kita menghayatinya sebagai keragaman ciptaan. Akan tetapi, jika malah mempunyai kepentingan tertentu dan memaksakan orang untuk mengikuti keinginan kita..lha itu yang jadi masalah.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment