Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia berkulit serupa, agama yang satu, tidak ada negara dan perbedaan. Perbedaan memang dikehendaki sang pemilik semesta. Perbedaan adalah hakekat penciptaan itu sendiri. Perbedaan itu indah!

Slider

BID

Pahlawan???? (In Memoriam MG Erni Harmiati)

Kata 'pahlawan' tentunya telah kita kenal, dan sering kita dengar dengan baik. Arti kata pahlawan tentunya juga sudah kita ketahui, meskipun definisi kita tentang pahlawan tidaklah tepat, akan tetapi setidaknya, tidak berbeda jauh dengan definisi pahlawan yang resmi. Pahlawan mungkin kita artikan sebagai orang yang banyak berjasa atau berguna bagi orang yang menganggapnya pahlawan. Hari ini, 10 November 2011 adalah Hari Pahlawan. Semua tahu itu. Peringatan ini diambil dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang mengenang heroisme para pemuda Surabaya waktu itu dalam menghadapi Tentara Inggris, yang notabene, mempunyai persenjataan dan metode perang yang lebih baik.


Bersama anak dan keponakannya

Akan tetapi, ada juga pengertian pahlawan, yang lebih unik tetapi juga tetap benar. Dalam hal ini, Superman, atau Batman atau superhero yang lain bukanlah pahlawan. Mengapa? karena mereka memang orang hebat, Superman bisa terbang, sehingga wajar kalau berani menghadapi penjahat dengan gagah berani. Dalam Novel Forest Gump, mereka bukanlah pahlawan. Pahlawan adalah orang lemah, tetapi dengan gagah berani menghadapi segala tantangan hidup dan kehidupan.

Seorang yang lemah, divonis mengidap kanker ganas pada Mei 2007. Tidak perlu waktu lama, sekitar 1 bulan saja untuk membuat keputusan operasi mengambil kanker ganas yang ada di tubuhnya. Itu hanya awal dari penderitaan dan rasa sakit yang berkepanjangan selama kurang lebih empat setengah tahun. Dalam kurun waktu itu, tidak ada kata mengeluh atau pun mengaduh karena sakit yang teramat itu. Untuk menahan sakit, yang dilakukan adalah menunduk, memejamkan mata, tapi tidak ada rintihan kesakitan yang keluar. Ketika ada orang lain sakit, yang sebenarnya tidaklah seberapa, masih terucap kata-kata nasihat agar bersabar dan teguh dalam penderitaan.

Bergaya di depan piano
Dalam kerapuhan karena sakit yang diidapnya, masih tersimpan semangat yang berkobar dan membara. Aktivitas masih berjalan, mengikuti sertifikasi guru, berminat meneruskan studi dan masih banyak lagi aktivitas yang mungkin, tidak terpikirkan untuk dilakukan meskipun sehat. Ngeblog juga merupakan salah satu aktivitasnya, meskipun menjelang akhir hayatnya, sudah tidak update lagi.

Bersama suami, ibu dan anak semata wayang

Dalam kurun 4,5 tahun, semangatnya masih berkobar, jika memungkinkan masih berusaha untuk menjalankan aktivitas sebagai guru. Yang juga mencengangkan adalah, semangatnya untuk terus sehat dan sembuh, meskipun peluang itu boleh dibilang sangat kecil menurut medis. Tidak pernah berhenti menjalani segala proses therapy yang ada, harapan selalu ada, meskipun Tuhan berkehendak lain.

Menjelang akhir hayatnya, terucap kata yang lemah, yang menyebut semua penderitaan ini adalah 'anugerah'. Anugerah yang langsung turun dari Tuhan sendiri. Kalau saja saya punya wewenang, maka akan saya berikan anugerah Pahlawan. Pahlawan yang banyak memberikan inspirasi bagi kita, terutama dalam menghayati hidup. Penderitaan adalah anugerah. Kesehatan fisik dan jasmani adalah sarana untuk maju dan berkembang. Rasa sakit tidak perlu diucapkan, dan tidak perlu diketahui oleh orang lain. Kalau bisa berjalan sendiri, buat apa digendong?

Selamat Jalan Pahlawan, saat ini rasa sakit itu sudah tidak ada lagi. Hanya keabadian yang ada. Perjuanganmu, insipirasi bagi kami, yang ternyata sangat lemah dibandingkan dirimu yang seolah rapuh.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment