Slider

30 January 2012

Mengetahui Harga Sebuah Domain

Beberapa waktu lalu sudah ada postingan tentang harga jual blog atau website. Kali ini adalah postingan tentang harga sebuah domain. Sebuah domain berbeda dengan sebuah website atau sebuah blog. Domain hanya mencakup nama saja, atau alamat url tidak termasuk isi dari site tersebut. Apakah domain mempunyai harga? Tentunya iya. Tahun 2010 rekor harga tertinggi sebuah domain adalah sekitar 13 juta dollar!!! Lumayan mahal kan? Harga tersebut memang masih jauh di bawah harga sebuah website beserta isinya, misalnya jobsdb.com yang pernah dibeli seharga sekitar Rp. 4 Trillyun oleh Yahoo.com meskipun akhirnya dijual kembali dengan harga lebih murah.

Mengapa domain bisa menjadi begitu mahal? Katanya sich karena domain tersebut mempunyai potensi market yang besar, bahkan ada domain yang tidak ada pemiliknya, tetapi mempunyai rangking alexa. Hal tersebut bisa karena kepopuleran domain tersebut, atau hanya sekedar salah ketik saja.

Berikut adalah beberapa situs yang memberikan jasa appraisal domain secara gratis. Yang berbayar banyak sich, tapi ini yang free saja.

Merupakan salah satu domain appraisal yang cukup terkenal dan banyak dipercaya. Tapi sayangnya kita hanya bisa menggunakan satu kali saja dalam satu hari. Jadi kalau mau mencari informasi tentang banyak domain di sini, ya sabar, ganti hari atau sign up saja. Coba ke TKP dan ketik sembarang domain, misalnya dogclub.us di situ tertera harga sekitar 6.900 dollar. Lumayan kan :) padahal harga domain untuk ekstensi us hanya sekitar 10 dollar saja, atau bahkan ada yang lebih rendah.

Ini sebenarnya menggunakan scripts yang sama dengan estibot.com sehingga akan memberikan harga domain yang sama. Di situ juga tertulis sebagai berikut:

We DON'T valuate businesses, we DON'T valuate sites. We ONLY valuate DOMAINS!
Traffic is only given as a courtesy and doesn't enter into the appraisal calculation.

Kelebihannya adalah bahwa kita bisa mencari harga sekitar 6 buah domain dalam satu hari. Lumayan he he...

Ini juga alternatif yang lain. Kelebihan situs ini adalah kita bisa mencari harga sebuah domain tanpa dibatasi jumlahnya. Jadi jika ingin mengetahui harga dari banyak sekali domain, gunakan situs ini tanpa harus menunggu ganti hari :). Akan tetapi, harga di sini cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kedua situs yang dibahas sebelumnya. Sebagai contoh domain dogclub.us di ini diestimasi sebesar 20700 dollar. Hampir tiga kali lipat dari estimasi estibot.com

Situs ini lebih terbuka dengan memberikan algoritma dari pencarian harga sebuah domain. Jumlah domain yang kita appraise juga tidak terhingga dalam satu hari. Jadi ketika kita memasukkan sebuah domain, kita akan diberikan pilihan, misalnya satu kata atau dua kata atau tiga kata. Kita harus menentukan jumlah kata, lalu diberikan pertanyaan berikutnya, demikian seterusnya. Kelebihannya kita menjadi tahu algoritma pencarian harga sebuah domain, akan tetapi sering kita ragu-ragu untuk memberikan jawaban, misalnya seberapa besar market dari domain kita, atau seberapa mudah diingat nama domain kita. Jawaban yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda. Algoritmnya kurang lebih demikian (a) semakin sedikit jumlah kata semakin mahal; (b) semakin massive market maka semakin mahal; (c) semakin besar segmen pasar semakin mahal; (d) semakin menggambarkan isi site semakin mahal; (e) semakin mudah diingat semakin mahal; (f) jika mengunakan angka atau simbol maka lebih murah. Dengan menggunakan keenam indikator tersebut maka akan dihitung harga sebuah domain. Harga domain dogclub.us di sini hanya sekitar 100 dollar saja berdasarkan isian batas bawah, tetapi bisa menjadi 16000 dollar jika menggunakan batas atas. Hmphh..jadi bingung kan??

Sebenarnya masih banyak situs yang lain, tapi mudah-mudahan itu dapat mewakilinya.


Silahkan mencoba

9 comments:

  1. terima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete
  2. cek blog gw kenapa ga punya harga sih

    ReplyDelete
  3. Pada kenyataanya... jarang ada yang berani membayar mahal gan.. hehe.. saya ada domain yang pas waktu dibeli ditaksir kisaran $1.200
    Sekarang sudah di develop dan punya PR juga.. cuma ditawar 500.000 hahaha.. orang indonesia memang pengennya yang murah dan bagus..

    BTW trims,, nice share..

    ReplyDelete
  4. waaahh... setelah di cek, harga blog yang saya miliki masih murah banget.. :)
    Salam kenal.. ditunggu kunjungan balik, kritik dan sarannya..

    ReplyDelete
  5. Jual Website Untuk Arsitek Rp. 3,1 Milyar
    Konsultan-Arsitektur.Com Bernilai $ 226,894 = Rp 3,095,517,445.35
    Keywords: Marketing Tools
    Hosting Perusahaan Teknologi Softlayer:
    Situs Language:
    Proses deteksi bahasa adalah otomatis karena itu mungkin ada kesalahan sesekali. Jika anda menemukan kesalahan, beri tahu kami dan kami akan memperbaikinya.
    Alexa country: N/A
    Alexa global rank: 23237135
    Alexa adalah sebuah situs web analytics service. Itu semua peringkat utama di situs web. Nomor yang lebih rendah lebih populer adalah situs web.
    Sumber : http://www.twitter-value.com/www/konsultan-arsitektur.com

    ReplyDelete
  6. Jual domain gan
    loakmart.com cocok untuk olshop barang second
    efoodindonesia.com cocok untuk konsep restoran delivery
    Minat pm gan
    08563181773
    Saifulbro85@gmail.com
    Salah satunya sudah ditawar 2 orang, namun harga kurang memikat...monggo ditawar

    ReplyDelete
  7. SAVE THE MOST ARCHITECT

    Get Flat Package Design Services Home Only Rp. 5 million

    You will get :
    1. Architectural Drawing
    2. Structure Drawing
    3. Sanitation & Electrical Drawing
    4. Perspective 3D Exterior & Interior
    5. RAB & IMB Drawing

    Call immediately:
    PT. Diorindo Graha Perkasa
    Jl. Harapan Mulia Raya no.1B
    Kemayoran Jakarta
    Tel: (021) - 9138 6230
    Mobile: (0812) - 8769 8336
    Email: elevenstudios@yahoo.co.id

    Visit ---> http://www.architecture-consultants.com/

    ReplyDelete
  8. terima kasih ata informasinya miin
    www.tripinto.co.id

    ReplyDelete

Klik kategori film yang Anda cari