Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia berkulit serupa, agama yang satu, tidak ada negara dan perbedaan. Perbedaan memang dikehendaki sang pemilik semesta. Perbedaan adalah hakekat penciptaan itu sendiri. Perbedaan itu indah!

Slider

BID

Ziddu tidak lagi membayar penggunanya

Apakah Anda pengguna jasa hosting gratis dari ziddu.com? Jika iya, apakah Anda pernah mendapatkan 'kiriman' uang dari Ziddu berkaitan dengan file Anda yang didownload oleh orang lain dari Ziddu? Jika iya, ada kabar buruk dari admin Ziddu yang bunyinya seperti ini:

From January 2012, Ziddu will not pay to users. However the Ziddu service is
100% Free for downloading files.
Thanks & Regards
Ziddu Team

Ziddu yang berdiri sekitar tahun 2007 memang merupakan salah satu hosting gratis favorit di Indonesia. He he sebenarnya kurang tahu data yang pasti, tapi dari komentar di bawah pengumuman di atas, banyak sekali orang Indonesia yang komentar. Mungkin karena kita memang terbiasa dengan yang gratisan, apalagi dibayar lagi. Jadi mungkin banyak orang Indonesia yang protes.

Ziddu membayar penggunanya dari iklan yang harus diklik oleh orang yang akan melakukan download file dari ziddu. Ini memang cukup efektif, sehingga Ziddu.com mempunyai rating Alexa yang cukup tinggi, sekitar 700 sampai 800 an.

Permasalahannya adalah, bagaimana dengan saldo kita yang sudah terlanjur ada, tetapi belum mencapai 10 Dollar. Ziddu akan membayar earning kita, jika telah mencapai 10 dollar atau kurang lebih 10.000 download. Jika belum mencapai itu belum dapat kita claim. Banyak pengguna yang mempunyai saldo yang kurang dari 10 dollar sampai saat ini. Tidak jelas apakah mau dibayar atau tidak karena tidak ada pernyataan resmi dari Ziddu, atau setidaknya, saya belum menemukan pernyataan tersebut.

Apapun kebijakan dari Ziddu, kita tidak bisa protes karena itu memang merupakan hak dari ziddu, meskipun mungkin akan ada pengurangan member di sana. Tapi mungkin itu juga merupakan strategi, karena ziddu dikabarkan sering mengalami over karena tidak menggunakan waktu tunggu seperti penyelenggara jasa hosting gratis yang lain.

Update: sekarang Ziddu sudah membayar lagi. Simak artikelnya di sini.

Reaksi:

2 comments:

  1. akun saya juga hampir seratus dolar.
    tapi mau di adukan kemana?
    wong tombol earning sebagai tanda bukti juga raib.
    dimana tanggung jawabnya kepada earning "yang tiba2 hilang".
    Ini kategori penipuan visi.

    Blogger kecil yang melakukan scam quiz (sama kayak maling ayam) kena gebukin dan di isolasi, apalagi macam website sebesar ini.

    Kalo memang visinya menjadi situs file sharing, semestinya sudah sedari awal di proklamirkan dengan jelas, layaknya 4shared, youtube, dll. Bukan dengan iming-iming awal seolah sama menggiurkannya dengan uncle gugel.

    satu kata yang sama dengan user lainnya :
    "MECENGEWAKAN!!!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang kecewa, tapi memang tidak bisa diprotes.

      Delete