Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia berkulit serupa, agama yang satu, tidak ada negara dan perbedaan. Perbedaan memang dikehendaki sang pemilik semesta. Perbedaan adalah hakekat penciptaan itu sendiri. Perbedaan itu indah!

Slider

BID

UN 2013 Paling Sukses!!!!

Iya, Anda tidak salah membaca judul postingan ini di atas. Memang, menurut saya pribadi, penyelenggaran Ujian Nasional (UN) tahun ini, yaitu tahun 2013 adalah yang paling sukses. Paling sukses dalam sejarah penyelenggaraan Ujian Nasional di Republik tercinta ini. Anda sepakat? Mungkin tidak.
Saat ini hampir semua orang mengutuk UN 2013 yang karut marut. Menyatakan bahwa UN telah gagal, atau bahkan dengan berani menyatakan pemerintah telah gagal. Hmmm…saya akan coba mengajak Anda untuk melihat dari sisi lain, sehingga saya harap, Anda akhirnya dapat sependapat dengan saya bahwa UN tahun 2013 adalah UN yang paling sukses yang pernah ada.
1.      Ujian nasional yang telah diadakan selama ini hanyalah mengukur kemampuan siswa dalam menyerap atau menguasai materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru. Tidak lebih tidak kurang. Akan tetapi, dalam UN 2013 ini, siswa tidak hanya diuji tentang penguasaan materi pelajaran, akan tetapi juga diuji dalam hal mentalitas, semangat juang dan kemampuan berpikir dalam kondisi yang kritis, tertekan dan penuh ketidakpastian. Pada Ujian Nasional yang sebelumnya, siswa dengan tenang dan suasana kondusif mengerjakan soal yang ada. Akan tetapi, dalam UN 2013, siswa diharuskan mengerjakan soal setelah menunggu jawaban lebih dari 4 jam. Itu pun penuh dengan ketidakpastian dan kelaparan. Ada juga penundaan hari, dan bahkan ada yang harus menunggu soal ujian di-fotocopy. UN 2013 benar-benar menguji mentalitas siswa dengan baik, bahkan fisik pun diuji karena ada beberapa siswa yang belum sempat makan siang.
2.      Dalam Ujian nasional yang sebelumnya, guru tidak banyak diuji. Paling-paling hanya diuji sampai di mana kemampuan menyampaikan materi pelajaran kepada anak didiknya. Akan tetapi, dalam UN 2013, guru pun juga diuji. Diuji bagaimana memberikan penjelasan kepada siswa, di mana guru itu pun sendiri sebenarnya tidak jelas duduk perkaranya. Para guru yang tidak tahu kapan soal akan sampai di sekolah, diharuskan memberikan penjelasan kepada siswa tentang kepastian pelaksanaan UN. Ini benar-benar ujian tingkat tinggi, dan hanya guru yang benar-benar teladan yang dapat melakukannya dengan baik. Dalam hal ini, Kepala Sekolah juga diuji karena sering menjadi sumber pertanyaan dari para guru dan siswa, padahal kepala sekolah itu pun juga tidak tahu kapan soal akan sampai.
3.      Ini yang paling luar biasa. UN 2013 juga menguji para pegawai dinas pendidikan, bahkan sampai eselon, bahkan sampai menterinya pun ikut diuji. Ini belum pernah terjadi di negara manapun. Menteri Pendidikan diuji bagaimana dapat mencari kambing hitam, atau diuji keahliannya dalam berkelit dari masalah yang ada.
Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan-keunggulan UN 2013 ini, akan tetapi sepertinya tiga hal di atas sudah mewakili. Jadi saya pun sekarang yakin bahwa Anda sependapat dengan saya: UN 2013 adalah UN paling sukses sepanjang sejarah.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment