Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia berkulit serupa, agama yang satu, tidak ada negara dan perbedaan. Perbedaan memang dikehendaki sang pemilik semesta. Perbedaan adalah hakekat penciptaan itu sendiri. Perbedaan itu indah!

Slider

BID

Tragedi Mina Terulang Lagi

Tragedi Mina terulang lagi hari ini 24 September 2015. Pada tahun 1990 yang lalu korban tewas mencapai 1.426 orang. Sedangkan korban hari ini lebih dari 220 jamaah haji kehilangan nyawa dan jumlah tersebut diperkirakan terus bertambah. Data juga menunjukkan setidaknya 450 lebih jamaah mengalami luka baik berat maupun ringan.

Kementerian Agama RI belum memastikan rincian jumlah korban tewas. Seperti ada tidaknya jamaah asal Indonesia yang menjadi korban insiden saat puncak haji di dekat Kota Makkah.

Namun tak bisa dimungkiri, hal itu mengingatkan pada tragedi desak-desakan di Terowongan Haratul Lisan, Mina, 25 tahun silam.

Saat itu, desak-desakan berujung kericuhan. Sebagian jamaah terinjak-injak hingga tewas. Kabarnya, 631 di antara korban tewas adalah jamaah asal Indonesia.

Kebanyakan korban merupakan para orangtua lanjut usia. Fisik mereka tak kuat dalam himpitan ribuan jamaah. Apalagi saat itu cuaca panas mencapai 44 derajat Celsius.

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Tuty Alawiyah, saat kejadian pada 1990 hanya berjarak 100 meter dari lokasi. Beruntung, ia tak ikut celaka.

Kini, 25 tahun berlalu, bencana saat puncak ibadah haji terulang. Keluarga jamaah di Indonesia menunggu kabar terbaru.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment