Slider

15 May 2020

Balada Aku dan Mie Instant

Mie Instant, dengan berbagai mereknya, telah menjadi konsumsi yang sangat umum di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Hampir semua golongan masyarakat, dari bawah, menengah bahkan kalangan atas menjadikan mie instant sebagai asupan sehari-hari mereka. Mungkin hanya harga dan jenis yang membedakannya.

Saya sendiri, juga merupakan salah satu manusia yang telah mengkonsumsi mie instant selama berpuluh tahun dan tidak mengingkari, bahwa mie instant adalah salah satu makanan yang menyertaiku sekian lama selama saya hidup di dunia ini. Akan tetapi, hubungan saya dengan mie instant tidaklah selalu harmonis seperti yang dibayangkan. Ada suka ada duka, bahkan pernah putus ..eh....

Untuk itu akan saya coba rincikan perjalanan karir saya dengan mie instant, atau mungkin seperti judul postingan ini, balada aku dan mie instant. Awalnya saya bingung menggunakan 'dan' atau 'dengan'. Tetapi setelah mengingat lagu legendaris dari John Lennon, Ballad John and Yokko, maka saya akhirnya menggunakan kata 'dan'. 

Periode Sebelum Masehi
Pada masa sebelum masehi, tentunya sampai dengan tahun 0 Masehi, belum lah ada mie instant. Pabrike rung dibangun, kata Alamarhum Basuki. Jadi tidak ada yang perlu ditulis di sini.

Periode Tahun 1 sd 1957 Masehi
Meskipun ini sudah lebih modern, akan tetapi toh hampir 2000 tahun berlalu tanpa ditemukannya mie instant. Yah..jadi memang balada itu belum bisa dikisahkan di periode ini. Kita tunggu next period

Periode 1958 sd 1974
Pada periode ini, mie instant sudah tercipta. Menurut Wikipedia, mie instant diciptakan oleh Momofuku Ando pada tahun 1958 yang juga merupakan pendiri Nissin. Mungkin ada sumber lain yang memberikan informasi yang berbeda, tapi sudahlah, kita tidak usah memperdebatkannya di sini. Kita lupakan saja masa lalu itu ya....
Nah, eniwei, mengapa saya mengambil tahun 1974? Itu karena saya lahir pada tahun itu. So..jadi bisa ditebak lah, meskipun mie instant sudah ada, pabrike wes dibangun, tapi sayalah yang belum dilahirkan. Jadi apa mau dikata....balada itu tetap belum bisa dikisahkan pada periode ini.  ra sido nggelar kloso


Periode 1974 sd 1980
Nah....ini sudah ada keduanya, baik Mie instant maupun saya. Tapi toh pada tahun 1980 pun, saya masih terlalu kecil untuk mengingat berbagai kejadian yang ada. Bahkan saya tidak tahu apakah pada periode ini saya sudah ada kisah atau belum dengan mie instant. Maklum masih balita.


Periode 1981 sd 1990
Pada periode ini tentunya sudah ada kisah saya dan Mie Instant. Untuk selanjutnya, Mie Instant akan saya tulis menjadi Mien, atau Si Mien. Biar lebih singkat.

Pada periode itu, baru ada beberapa saja jenis Mien yang ada di pasaran. Tetapi iklan sudah ada dan saya pun sudah pernah mengecap kenikmatan Mien. Meskipun saya masih relatif muda, tapi saya sudah bisa menikmati Mien, meskipun biasanya saya lakukan bersama-sama, tidak saya sendirian. Mungkin karena saya masih relatif kecil, sehingga belum mampu menikmati Mien sendirian.

Eh...gimana kalau istilah Mien, saya ganti lagi menjadi Mie Instant ya...mungkin kelihatan lebih elegan gitu. Untuk menikmati Mien, eh Mie Instant, biasanya dicampur dengan telur yang dikopyok (ben ngirit) dan dimakan bersama-sama sekeluarga. Fungsinya lebih sebagai sayur. Jadi sayur yang berisi karbo dimakan dengan nasi yang of course adalah karbo juga. Sip.....itulah kenangan awal dengan Mie Instant. Karbo dan karbo.
Karbo dan Karbo

Periode 1991 sd 2000
Pada periode ini, saya sudah mempunyai decision maker untuk membeli mie instant, baik dari uang saku atau pun dari hasil kerja sendiri (akhir 1990 an). Ada perubahan pola perilaku saya dalam mengkonsumsi mie instant, yaitu tidak lagi melulu pada karbo dan karbo. Ini karena saya jarang sekali mengkonsumsinya bersama dengan nasi sebagai sayur. Jika makan mie instant, saya tidak makan nasi, demikian sebaliknya. Mie instant biasanya saya konsumsi pada pagi hari sebagai sarapan atau malam hari sebelum tidur sebagai supper. Atau juga ketika lagi melakukan kemping, atau naik gunung. Telurnya pun biasanya tidak saya pecah, tetapi saya pertahankan seutuh mungkin, meskipun ternyata masih ada juga cela di sana sini. 


Periode 2001 sd 2015
Pada periode ini banyak hal yang bisa dituliskan. Selama 15 tahun, meskipun saya masih terus mengkonsumsi mie instant,tetapi ada kegalauan yang sangat mendalam. Berbagai stake holder memberikan tekanan negatif yang cukup kuat terhadap konsumsi mie instant. Seiring usia bertambah, desakan ini semakin kuat dan sering membuat saya pusing bahkan depresi (duh...yang ini pasti boong deh). Mulai ada banyak artikel yang beredar di media sosial tentang efek buruk mie instant. Hal ini mungkin juga terkait dengan semakin maraknya atau bahkan booming nya media sosial pada periode ini.

Ini membuat saya mempunyai kreativitas dalam membuat mie instant, yaitu dengan membuat bumbu tambahan sendiri. Bumbu bawaan sering kali tidak saya pergunakan semuanya. Saya menambahkan bawang putih sendiri, juga bawang merah, cabe, tomat, dan juga sayur-sayur yang lain. Hampir tidak pernah saya membuat mie instant dengan bumbu bawaan semuanya, kecuali saya membeli mie instant jadi di warung. Dalam periode ini sering sekali saya membaca artikel tentang buruknya mengkonsumsi mie instant. Hal ini pula lah yang mendorong saya sehingga akhirnya saya juga berhenti (maksudnya berhenti membaca).

Akan tetapi, karena anak saya juga mulai beranjak dewasa, dan untuk menghindari konsumsi mie instant yang berlebih pada anak-anak saya, maka akhirnya saya pun memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi mie instant. Suatu keputusan yang mungkin bukan buat saya sendiri, tetapi buat anak-anak saya. (gak usah menangis karena terharu, tetapi kalau mau menyumbang, saya persilahkan)


Periode 2015 sd 2019
Ini adalah periode putus. Break. Saya menyatakan putus dengan mie instant dan tidak mengkonsumsinya lagi selama periode itu. Sebenarnya memang masih mengkonsumsi, tetapi hanya sekitar 2 atau 3 mangkok per tahun saja. Biasanya karena keadaan darurat di mana 911 pun sudah tidak mampu mengatasi permasalah darurat itu. Ini benar, saya tidak bohong, bahkan mungkin sama sekali tidak mengkonsumsi dalam 12 bulan.


Periode 2020 sd sekarang
People change. Ya semuanya berubah. Akibat wabah pandemi, maka kami sekeluarga memutuskan untuk selalu makan dari rumah dan sama sekali tidak membeli makanan dari luar, apa pun itu. Ini keputusan yang baik untuk menghindari wabah corona. Akan tetapi, ketika malam hari kondisi darurat, maka tidak ada cara lain kecuali untuk mengkonsumsi mie instant lagi. Jadi saya mulai come back lagi dengan si mie instant. CLBK. Tapi ini untuk menghindari bahaya yang lebih besar dan kesepakatannya adalah bahwa jika wabah sudah berlalu, saya pun tidak akan mengkonsumsi mie instant lagi. Jadi buat mie instant, jangan berharap terlalu banyak ya.


Demikian kisahku dengan Mie Instant.

0 komentar:

Post a Comment

Klik kategori film yang Anda cari