Slider

17 May 2020

Suka Duka Physical Distancing

Physical Distancing (sebelumnya sering disebut Social Distancing) kurang lebih berarti menjaga jarak secara fisik dengan orang lain, agar tidak memperparah penyebaran virus, dalam hal ini adalah corona yang sedang naik daun. Yang dijaga adalah fisik kita, sehingga dirasakan istilah 'social' kurang tepat sehingga diganti menjadi physical distancing. Sekali lagi yang dijaga jaraknya hanyalah fisiknya ya, 'hati' jangan :)

Konsekuensi Physical Distansing (PD) memang menjadi sangat ribet dalam kehidupan sehari-hari. Kalau dalam satu keluarga sih tidak perlu PD, setidaknya keluarga saya, tetapi untuk orang lain yang beda rumah, meskipun masih saudara, tetap harus menerapkan PD. Mungkin saya sedikit paranoid menghadapi wabah ini, tetapi sepertinya saya bukanlah orang satu-satunya yang sangat waspada dalam menyikapi wabah ini.

Pada awalnya, saya membeli sarung tangan plastik, yang biasa dipergunakan untuk memasak, atau bercocok tanam. Sarung tangan ini sering saya pakai ketika saya pergi atau harus bertemu orang lain, atau ketika masuk ke toko membeli suatu barang. Setelah kontak selesai, kedua sarung tangan saya (kanan dan kiri) langsung saya buang, jadi satu kali pakai saja. Untunglah harganya murah, dan juga saya tidak setiap hari melakukan kontak dengan orang lain. Satu pak yang isinya 100 pcs ternyata cukup untuk sekitar 2 bulan.

Adanya PD juga membuat saya sekeluarga lebih mengandalkan pembelian barang secara Online. Awalnya makanan juga online, tetapi hanya sekitar 1 minggu saja, sudah tidak melakukan lagi. Makanan selalu memasak sendiri, tidak pernah beli. Maksudnya istri saya yang masak :)

Untuk membeli barang, biasanya tidak ketemu langsung dengan pengantar atau kurirnya. Saya berikan tulisan di depan rumah, agar kurir meletakkan barang di suatu tempat, dan kalau perlu di potret saja. Jika berkeras bertemu, saya hanya berteriak saja dari dalam, dan akhirnya si kurir juga mengerti. 

Akibat PD ini, saya juga tidak pernah mudik keluar kota ke tempat Ibu saya sendiri atau ke tempat Mertua. Pada waktu normal, minimal 1 bulan sekali saya pergi ke rumah orang tua. Itu minimal. Tapi ini sudah hampir dua bulan lebih saya tidak mengunjungi orang tua, tetapi masih aktif VC :)

Itulah goresan kondisi Physical Distancing yang sudah saya lakukan lebih dari dua bulan ini.



0 komentar:

Post a Comment

Klik kategori film yang Anda cari