Slider

21 December 2020

The Prestige (2006)

Alfred Borden dan Robert Angier awalnya adalah dua pesulap yang bekerja pada pesulap ternama waktu itu yaitu John Cuttler. Cuttler juga mendorong agar keduanya belajar sulap secara total bahkan sampai ke negeri manapun juga. Pada suatu pertunjukan, Border salah mengikat simpul pada istri Angier sehingga menyebabkan kematiannya akibat tenggelam. Angier sangat marah, dan keduanya saling membenci bahkan saling mengganggu ketika seterunya sedang melakukan pertunjukan sulap.

 The Prestige (2006)

Perseteruan itu bahkan sampai menyebabkan jari tangan Border putus. Tapi mereka terus berseteru. Borden menikah dan mempunyai seorang anak. Borden lalu mempunyai trik memindahkan diri yang sangat terkenal dan sukses yang sering disebut The Transporter. Angier sangat marah dan berusaha untuk mengetahui metode itu, tetapi gagal terus. Akhirnya Angier membuat tiruan yang serupa dengan membayar seorang artis gagal agar menjadi mirip dengan dirinya untuk trik memindahkan diri.

Trik ini lumayan bertahan agak lama. Tetapi Borden tahu dan menghubungi asistennya dan memberikan wacana untuk memeras Angier karena karirnya akan hancur jika ketahuan menggunakan orang yang mirip. Angier sangat marah lalu menyuruh asistenya Olivia untuk mendekati Borden dan mencari tahu rahasia yang sebenarnya. Olivia berhasil mendekati Borden bahkan berhaisl membuat Borden selingkuh. Akan tetapi sebenarnya Borden tidak selingkuh. Sebenarnya dia dan asistennya Bernard Fallon sering bertukar peran. Dalam pertunjukan dan dalam kehidupan sehari-hari mereka sering bertukar peran. Fallon jatuh cinta dengan Olivia, tetapi Olivia dan istri Borden, Sarah, mengira Borden selingkuh.

Hal ini membuat Sarah semakin tertekan, dan akhirnya bunuh diri. Border dan Fallon sangat menyesalkan hal itu tetapi mereka tidak bisa membuka rahasia profesionlisme mereka. Bahkan Fallon sengaja memoton jarinya agar mirip dengan Borden yang jarinya juga patah waktu mengganggu Angier dalam melakukan sulapnya.

Olivia bahkan sempat mencuri catatan harian Borden untuk diberikan kepada Angier. Angier membacanya dan mengikuti alurnya sehingga akhirnya dia bertemu dengan ilmuwan kenamaan waktu itu Tesla. Angier membayar mahal kepada Tesla untuk membuat alat Transporter, tetapi ternyata hasilnya adalah alat duplikasi benda. Alat itu bisa menduplikasi apa saja, termasuk manusia. 

Angier membawa alat itu ke Inggris dan ketika mencobanya, maka muncul dirinya yang lain, yang sangat mirip. Angier segera membunuhnya dengan pistol. Alat ini memberikan pertunjukan yang sangat spektakuler karena sangat Angier berhasil berpindah tempat secara cepat dan sangat mirip. Tidak ada duplikasi. Rahasianya adalah Angier yang berada di dalam alat, jatuh ke dalam bak air, sehingga mati. Duplikasinya segera muncul di tempat lain, di belakang penonton dengan sangat cepat. Sangat Spektakuler. Demikian seterusnya. 

Borden menyuruh asistennya Fallon untuk menyelidiki, tetapi berperan sebagai Borden sendiri. Ketika ikut memeriksa mesin, segera Border (yang sebenarnya Fallon) pergi ke bawah panggung. Dia kaget ketika melihat Angier masuk ke air, dan terkunci dan akhirnya mati. Bahkan polisi lalu menangkap Border dan menuduhnya pembunuhan dengan ancaman hukuman mati.

Angier yang duplikasi, karena sangat persis dalam segala hal, segera menyembunyikan diri dan mengubah namanya menjadi Lord Caldlow, seorang pesulap amatir yang bersedia membeli apapun perlengkapan dari Border dan juga Angier. Bahkan untuk menunjukkan niatnya tersebut, Lord Cardlow memberikan buku harian Angier kepada Borden yang ada di penjara. Border tidak mau menjual rahasianya, tetapi diancam oleh Lord Cardlow melalui pengacaranya bahwa mungkin anaknya,  Jess bisa tidak ada yang mengurus jika Borden dihukum mati.

Border tetap tidak mau menjual dan akhirnya dihukum mati. Tetapi Fallon yang sebenarnya adalah Borden yang asli menyelidiki Cardlow dan sangat kaget bahwa ternyata Cardlow adalah Angier. Setelah tahu rahasia dari mesin Tesla, akhirnya Border menembak mati Angier.

0 komentar:

Post a Comment

Klik kategori film yang Anda cari